Home » » Manfaat Dongeng Sebelum Tidur

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur

manfaat dongeng sebelum tidur bagi anak
Mungkin saat ini sudah jarang orang tua yang memberikan cerita dongeng pada anaknya ketika mau tidur. Kebanyakan anak-anak sudah dicekoki dengan berbagai tayangan hiburan di televisi. Tentu saja hal ini dapat menggeser popularitas dongeng sebelum tidur dikalangan anak-anak.

Sedikit sekali orang tua yang masih menerapkan budaya tersebut. Hal ini disebabkan ketidak tauan akan fungsi dongeng bagi tumbuh kembang anak. Kalau saja mereka sebagai oran tua tahu akan fungsi dongeng sebelum tidur bagi perkembangan psikologi anak, maka saya yakin akan banyak orang tua yang menerapkan metode tersebut.

Bahkan bagi sebagian masyarakat sunda arti dongeng tersebut diplesetkan dengan kata “ Ngabobodo nu cengeng “ yang artinya hanya sebagai media untuk membodohi anak yang cengeng.

Sobat netter……
Sebenarnya banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari cerita dongeng sebelum tidur bagi anak. Sehingga sedikit demi sedikit dapat membantu pembentukan karakter anak itu sejak dini.

Manfaat dongeng sebelum tidur dapat kita lihat berikut ini :

Merangsang imajinasi & kreativitas

Kondisi rileks dan suasana nya nyaman ketika akan tidur tentu saja dapat membuat anak sangat mudah mengembangkan imajinasinya. Hal ini dapat menyebabkan otaknya bekerja dengan sempurna ketika mebayangkan alur cerita serta menggambarkan tokoh dalam cerita terseut. Suasana tersebut juga sangat mendukung anak dalam membayangkan setting cerita pada dongeng yang dibacakan kepada mereka.
Anak kemudian membebaskan imajinasinya seluas mungkin sehingga kemampuannya dalam membayangkan sesuatu semakin baik.Sejalan dengan itu, kreativitas anak pun akan berkembang. Dalam dongeng, anak diberi kebebasan dalam membayangkan cerita, tidak harus sama dengan apa yang ditangkap oleh orangtua.
Bisa saja setiap anak memiliki hasil tangkap yang berbeda-beda terhadap isi cerita. Selama itu tidak terlalu jauh dari inti cerita, maka masih bisa dimaklumi karena imajinasi anak-anak memang tidak terbatas.

Mengembangkan kecerdasan berbahasa anak

Anak yang sedang menyimak dongeng secara otomatis juga akan memperhatikan kosa kata dan unsur-unsur bahasa lainnya yang terkandung dalam dongeng tersebut. Dengan demikian, kemampuan berbahasa mereka akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena mereka banyak menjumpai kosa kata baru yang mungkin belum mereka kenal sebelumnya.
Hal ini dapat diterapkan oleh sang anak ketika bertemu dengan teman bermainnya,biasanya mereka akan menceritakan apa yang mereka dapatkan. Nah disini letak yang sangat merangsang imajinasi dan daya ingat anak. Biasanya anak yang daya imajinasi dan daya ingatnya tinggi maka dia akan mampu menceritakan keseluruhan alur cerita tersebut meskipun tidak sama persis dengan cerita sebenarnya.
Dampak positif yang lain juga akan sangat terasa ketika anak-anak sudah dewasa. Tutur kata mereka akan sangat rapi, logis, dan memikat. Hal ini disebabkan mereka sering mendengar rangkaian kata-kata yang tersusun dengan sedemikan rapi dalam sebuah cerita pada saat mereka kecil.
Kemungkinan besar ketika mereka dewasa akan mampu menjadi seorang yang yang sangat apresiatif dan juga mampu menerjemahkan segala imajinasinya kedalam sebuah tulisan yang sangat menarik

Mengembangkan keterampilan berpikir

Saat sedang dibacakan dongeng, sang anak secara alamiah akan berpikir banyak hal tentang dongeng tersebut, mulai dari alur cerita, nama-nama tokoh yang muncul, masalah pelik yang terjadi, dan solusi yang diambil para tokoh dalam menyelesaikan masalah itu.
Hal ini merupakan sarana yang cukup baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya. Bahkan bisa saja sang anak akan mampu menemukan solusi ketika ada masalah sedang dihadapinya. Bisa saja hal tersebut terinspirasi dari cerita dan meniru tokoh-tokoh dalam dongeng ketika menyelesaikan masalah.
Seiring berjalannya waktu, si kecil mungkin akan sering bertanya saat didongengkan bila pikirannya menemukan hal-hal yang agak ganjil dalam dongeng tersebut atau buku anak lainnya. Hal ini merupakan pertanda bahwa pikirannya mulai berkembang.

Mengembangkan emosi

Alur cerita pada dongeng biasanya turun-naik. Kadang sang tokoh utama mendapat kemalangan, kadang juga begitu beruntung sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan cemerlang. Alur seperti ini dapat mengembangkan emosi anak secara alamiah, seperti empati, rasa prihatin, sedih, bahagia, ceria, peduli, dan lain sebagainya.
Hal tersebut juga bisa memberikan pemahaman pada si kecil bahwa kehidupan itu tidak selalu berjalan mulus, dan pasti dalam kehidupan itu akan ada aral yang melintang, yang pasti kita harus bisa menghadapi semua masalah.
Jika hal itu mereka dengar dan sering membayangkan, asti lambat-laun mereka akan mengerti pola hidup sejak dini. Sehingga si kecil tidak akan menjadi seorang anak yang sulit diatur, sehingga ketika mereka sudah bisa menerapkan berbagai karakter positif dari tokoh dalam dongeng tersebut, mungkin saja kebiasaan sang anak melakukan ancaman kepada orang tuanya saat keinginannya tidak terpenuhi akan sedikit terselesaikan.

manfaat dongeng sebelum tidur bagi anak

Menanamkan nilai moral dan etika

Ada banyak nilai moral yang bisa kita petik dari dongeng, misalnya kejujuran, kesetiakawanan, sifat rendah hati, pekerja keras, baik hati, suka menolong, dan lain sebagainya. Orangtua yang membacakan dongeng bisa menjelaskan dan mengajak anak untuk meneladani sifat baik sang tokoh utama, serta nilai-nilai moral yang mulia yang ada pada dongeng.
Dalam kondisi yang rileks ketika sedang didongengkan, si kecil akan menyelami betul karakter baik para tokoh, serta periilaku positif yang muncul dalam dongeng yang dimaksud. Dengan demikian, mereka pun akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang hangat dan sangat paham akan nilai moral dan etika yang berlaku di masyarakat.

Mempererat ikatan emosional dengan orangtua

Saat ini banyak terjadi dalam sebuah keluarga, seorang anak jarang bertemu dengan kedua orang tuanya. Semua kegiatan yang berhubungan dengan dia akan ditangani oleh seorang pengasuh yang terkenal dengan nama baby sitter
Ketika mendongengi anaknya yang hendak tidur, maka orangtua sedang berada dalam suasana yang sangat akrab dengan anaknya tercinta. Secara fisik dan emosi, mereka begitu dekat. Apalagi ditambah dengan suasana malam yang hening dan tenang, maka aktivitas itu semakin meninggalkan kesan yang mendalam di antara keduanya. Akhirnya, ikatan emosional anak dan orangtua pun semakin kuat.

Relaksasi/hiburan

Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtua bisa menjadi ajang relaksasi yang sangat menghibur bagi anak. Hiburan itu bahkan tidak kalah dibanding acara favorit si Kecil di televisi.Setelah menjalani hari yang mungkin melelahkan, si Kecil jelas membutuhkan istirahat. Dan, istirahat mereka akan semakin sempurna melalui hiburan dongeng yang dibacakan oleh orangtua.Ketika bangun di pagi hari, semangat si Kecil akan pulih kembali, dan bahkan akan semakin kuat karena malam harinya telah mendapatkan hiburan yang sangat istimewa dari orangtuanya.

Oke sobat….
Itulah beberapa manfaat dongeng sebelum tidur bagi anak, yang pada intinya bisa membantu dalam hal pembentukan karakter anak sejak dini.
terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger