Home » » Langkah Penting Agar Blog Tetap Eksis

Langkah Penting Agar Blog Tetap Eksis

langkah penting agar blog tetap eksis
Banyak sekali kita temukan tapi seolah tak bertuan. Mereka bertebaran bagai jamur. Bagi blog yang sudah besar sih kayaknya gak masalah meskipun lama gak dilirik oleh sang pemiliknya. Meskipun sebenarnya lambat laun akan berkurang popularitasnya. Bahkan hanya jadi tempat nyepam para blogger yang gak bertanggung jawab.

Sobat netter…. tentu saja kita ingin blog kita tetap eksis di dunia maya. Karena buat apa kita susah-susah bikin konten blog dan juga menerapkan berbagai teknik seo, kalau akhirnya blog tidak terurus dan popularitasnya berkurang bahkan padam.

Sebenarnya ada beberapa tips ringan agar blog kita tetap eksis di dunia maya, yang tentunya hal itu bisa dilakukan oleh para blogger pemula sekalipun.

Oke sobat inilah langkah penting agar blog tetap eksis :

Kelola satu blog saja
Dengan mengelola satu blog saja tentu kita akan lebih mudah dalam mempersiapkan materi untuk membuat konten blog kita. Kalau kita memiliki 5 kategori dalam blog kita maka kita hanya memerlukan lima buah bahan yang akan kita jadikan konten blog.
Lalu apa jadinya kalau kita memiliki lebih dari satu blog ?
Gak ada yang melarang kalau kita ingin memiliki dan mengelola lebih dari satu blog, Cuma bagi blogger yang kurang wawasan dan pandai mengolah kata tentu saja akan sedikit mendapat kesulitan dalam membuat konten blog. Karena terlalu banyak materi yang harus kita persiapkan.
Misalnya saja kita punya 5 buah blog yang masing masing memiliki 5 kategori maka kalau kita ingin blog kita selalu up to date dan tetap eksis maka kita harus mempersiapkan 25 konten untuk semua blog. Meskipun kategori dari blog tersebut sama kan gak mungkin kita posting konten blog yang sama ke setiap blog yang kita miliki. Kalau hal itu sampai terjadi maka salah satu atau bahkan mungkin semua blog kita akan hilang popularitasnya dan tersingkir dari SERP. Karena mesin pencari akan menganggap blog kita ini hanya sebagai blog murahan yang isi materi atau kontennya hanyalah hasil copy paste.

Luangkan sedikit waktu
Untuk membuat blog kita terkenal dan bayak pengunjung, tidak harus kita standby 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu di depan monitor. Kecuali kalau ada pihak yang menjadi sponsor kita yang menuntut kita melakkakn itu dan tentunya kita dibayar sesuai dengan hasil jerih payah kita.
Dalam sastu hari misalnya kita menyempatkan waktu selama 1 atau 2 jam untuk sekedar meneliti perkembangan blog, atau menambah konten blog, atau melakukan blogwalking ke sesame blogger, da juga untuk mencari materi untuk bahan konten blog kita.
dengan berlama-lama didepan monitor dapat menimbulkan kejenuhan, sehingga kita bisa saja jadi cepet bosen dengan aktifitas blogging.

Carilah ide
Untuk dapat membuat blog kita tetap eksis tentu saja kita sebaiknya menyediakan konten blog yang segar dan up to date. Atau bisa juga desbut artikel yang fresh from oven ( kayak roti aja )
Jika kita tidak mendapat materi untuk bahan konten bog kita dari nternet. Maka coba cara lain. Misalnya kita mencari ide segar dari sekeliling kita. Bisa dari alam, sesame manusia, atau dari tempat kerja, bahkan dari hasil penelitian.
Yang pasti tidak banyak menyita waktu kita agar bisa beraktifitas yang lain selain ngeblog.
Hal yang perlu kita ingat adalah, ide itu tidak datang setiap saat dan mungkin saja tidak akan datang dua kali, jadi setelah datang ide segera tuangkan kedalam naskah atau tulisan. Hindari mengenang ide hanya dalam angan-angan saja karena bisa saja pada saat kita akan menuliskannya akan hilang dari ingatan.

Sifat komunikatif
Jika blog kita sudah mulai ada pengunjung atau mungkin sudah ramai, jangan jadi seorang yang tertutup. Balaslah setiap komentar yang datang apalagi yang sifatnya sebuah pertanyaan. Karena semakin banyak komentar pertanyaan yang bertumpuk tanpa ada jawaban dari pemilik blog maka akan membuat pengunjung yang butuh kejelasan tentang konten yang kita pasang ogah berlama-lama di blog anda toh meskipun bertanya tidak akan anda jawab. Yang paling parah lagi jika mereka enggan berkunjung kembali ke blog kita disaat mendatang. Bisa saja orang yang sudah terlanjur kecewa akan enggan berkunjung ke blog kita meskipun masuk dalam 10 besar pencarian google.

Jangan berlaku sombong
Sebagai blogger pemula jarang terjadi hal seperti ini, sudah ada pengunjung yang datang serta meninggalkan komentar saja sudah cukup senang.
Poin ini biasanya terjadi pada para bogger yang sudah terkenal dan memiliki blog yang besar. Perilaku sombong itu bukan berarti bilang nih gua paling jago atau sombong secara perkataan lain. Bisa saja kita terkesan sombong dari gaya bahasa yang kita gunakan, meskipun sebenernya kita gak berniat untuk menyombongkan diri.
Dengan membalas komentar yang datangpun kita akan terhindar dari sangkaan itu. Jika komentar kita sudah sangat banyak dengan jumlah puluhan atau bahkan ratusan. Buatlah satu komentar yang ditujukan ke beberapa orang sekaligus, karena gak memungkinkan membalas komentar satu persatu.

Jangan merasa puas dengan hasil
Dengan merasa puas akan hasil yang kita peroleh, hanya akan menyebabkan kita menjadi orang yang malas ( bukan cuma dalam hal ngeblog ) jika hal itu terjadi kita akan beranggapan kalau dengan segitu juga sudah banyak pengunjung blog kita buat apa melakukan hal lain. Jika kalimat itu tertanam dalam otak kita maka itu adalah awal dari keterpurukan kita. Tapi jika yang tertanam dalam otak kita adalah kalimat dengan seperti itu saja sudah banyak pengunjung apalagi kalau kita memberikan hal lain yang lebih berguna atau lebih menarik, maka itu awal dari sebuah kesuksesan besar.

Sobat netter….
Rupanya cukup itu saja dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger