Home » » Beberapa Persiapan Sebelum Ngeblog

Beberapa Persiapan Sebelum Ngeblog

persiapan sebelum ngeblog
Setiap blogger pastinya ingin memiliki sebuah blog yang terlihat menarik tampilannya, berkualitas konten blognya, membuat pengunjung merasa nyaman, serta banyak pengunjungnya.
Yang pasti semua itu tidak dapat diperoleh dengan sekejap mata dan tentunya juga tidak dapat diperoleh dengan begitu saja tanpa persiapan yang matang

Banyak terjadi ketika kita menemukan sebuah alamat blog, yang ketika dikunjungi ternyata masih dalam keadaan semerawut dan kacau, atau bahkan tanpa konten sekalipun
Sebelum kita memutuskan untuk terjun di dunia blogging, sebaiknya kita memperhatikan beberapa persiapan sebelum ngeblog.

Untuk membuat sebuah blog tentu saja sangat mudah dan bisa dilakkan dengan cepat. Tapi justru yang saya rasa sulit adalah mengelola blog ketika sudah selesai dibuat. Maka jika kita membuat sebuah blog tanpa persiapan yang memadai alhasil akan sedikit mendapat kesulitan, percaya atau tidak anda buktikan sendiri aja.

Apa saja yang harus kita lakukan setelah membuat sebuah weblog ? mungkin sepintas diotak kita ada pertanyaan seperti itu. Nah jika kita telah membuat beberapa persiapan sebelumnya tentu saja pertanyaan semacam itu akan dapat terjawab dengan sendirinya.

Sobat netter….
Berikut ini saya akan memberikan beberpa tips untuk anda para calon blogger, agar dikemudian hari anda dapat memiliki sebuah blog yang sesuai dengan harapan anda.

Beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum ngeblog :

Tentukan hosting atau tempat penyimpanan data
Saya tidak akan mengulas arti hosting secara benar menurut kamus bahasa dan ensiklopedia, tapi akan mengulasnya menurut pendapat saya sendiri. Jika memang tidak sesuai dengan pengertian sebenarnya ya… gak masalah deh karena bukat itu yang kita tuju pada saat ini.
Terdapat beberapa pilihan hosting gratisan yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data kita.
Contohnya : blogger ( blogspot ), wordpress, mywapblog dan masih banyak lagi.

Tentukan materi yang disampakan
Topik bahasan apa saja yang akan kita publikasikan pada blog kita, atau biasa juga disebut dengan istilah niche blog. Hal ini bertujuan agar kita tidak kebingungan saat akan membuat konten blog dikemudian hari. Sebaiknya buat blog dengan materi yang banyak dibutuhkan oleh para netter. Alangkah baiknya buatlah topik materi yang fokus pada satu atau dua masalah saja, karena akan mempermudah kita dalam pengelolaan blog. Semakin banyak kategori blog yang kita buat maka harus semakin luas pengetahuan yang harus kita miliki.

Tentukan judul blog
Judul blog biasanya dibuat sesuai dengan materi konten yang akan kita sampaikan. Tapi bukan berarti kita tidak boleh membuat judul blog yang tidak sama dengan materi. Tapi judul blog yang relevan denga materi akan mudah proses terindexnya blog oleh mesin pencari ( katanya sih …. )
Hindari mengganti judul disaat blog sudah dipublikasikan. Apalagi setelah blog terindex oleh search engine dengan nama yang terdahulu, kemudian kita ganti judul blognya maka akan menggangu proses pengindexan selanjutnya.

Siapkan alamat blog
Alamat blog atau url blog yang akan kita gunakan sebaiknya kita persiapkan sejak awal. Buatlah sebuah url utama dan beberapa url pengganti. Hal ini perlu kita lakukan karena bisa saja url yang kita inginkan sudah dipergunakan oleh orang lain. Kalau kita tidak mempersiapka url pengganti maka akan terasa sedikit kesulitan saat membuat blog, tapi kalau kita mempersiapkan beberapa url pengganti tentu kesulitan itu tidak akan terjadi. Kecuali kalau semua url yang kita persiapkan sudah digunakan oleh orang lain.
Dalam membuat url blog sebaiknya kita sesuaikan dengan meteri yang akan kita sampaikan, hal ini dapat berpengaruh baik untuk seo.

Persiapkan domain
Jika kita ingin membuat blog dengan domain sendiri atau yang disebut juga top level domain, maka persiapkan sejak awal. Tapi untuk hal ini dapat kita lakukan dikemudian hari setelah blog kita dipublikasikan.
Tapi kalau kita cukup puas dengan menggunakan sub domain saja maka abaikan hal ini.

Buatlah beberapa konten pembuka
Sebelum kita membuat blog, maka persiapkan beberapa konten yang akan kita publikasikan. Hal ini perlu kita lakukan agar kita tidak merasa kebingungan dengan apa saja yang akan kita muat dalam blog kita pada saat blog selesai dibuat. Hindari blog kita dalam keadaan kosong dari materi pada saat mesin pencari menelusuri setiap jengkal dari blog kita.
Bagi para blogger pemula biasanya akan sedikit merasa kebingungan untuk mempublikasikan apa untuk menjadi konten blog nya. Kalau sebelumnya kita telah mempersiapkan nya, maka kita akan mudah untuk menentukan langkah selanjutnya.

Tentukan template blog
Selain konten blog yang yang berkualitas, tampilan blog juga sangat berpengaruh pada traffik blog. Dengan penampilan yang sudah kita persiapkan sebelumnya maka akan semakin mudah bagi kita untuk mengelola blog kita.
Coba kita mengunjungi beberapa tempat yang menyediakan template blog. Lihat tampilannya dan kalau ingin lebih jelasnya lihat demo dari template tersebut.
Atau jika kita memiliki dana lebih belilah template premium, yang biasanya pemasangan akan dibantu oleh penjual ( dalam hal customisasi template )

Sobat netter….
Bukan hanya blog saja yang harus kita persiapkan sebelumnya, sebaiknya dalam segala hal kita patuut untuk mempersiapkannya.

Rupanya cukup sekian saja yang bisa saya persembahkan mengenai beberapa persiapkan sebelum ngeblog. Kalau dari awal kita sudah mempersiapkan segalanya, tentu saja kita akan mudah untuk menjaga kelangsungan hidup blog yang sudah kita buat.

Anda boleh menambahkan hal lain yang tidak saya tuliskan disini. Semoga bisa membantu dan terima kasih.
Share this article :

+ comments + 2 comments

February 27, 2015 at 4:55 PM

Terimakasih infonya

March 4, 2015 at 8:37 AM

@Darma Kusumahsama-sama mas

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger