Home » » Hal Penting Setelah Blog Dibuat

Hal Penting Setelah Blog Dibuat

hal penting setelah blog dibuat
Bagi kebanyakan blogger pemula, ada sedikit kesulitan dalam mengelola blog. Hal itu biasnya terjadi pada hal mengisi konten blog serta menyesuaikan tampilan blog agar sesuai dengan keinginan.
Tapi sebenranya bukan hanya sebatas membuat konten blog yang harus kita lakukan setelah blog dibuat. Banyak hal yang harus kita perbuat agar blog kita tidak menjadi sebuah buku harian saja yang hanya kita saja yang membukanya, kecuali kalau kita menginginkan hal itu terjadi.

Agar kita tidak kesulitan dalam mengelola blog setelah selesai dibuat maka sebaiknya kita mempelajari hal penting setelah blog dibuat.
Untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat keterangan berikut ini

Buat konten blog
Perbanyak konten blog yang kita kelola dengan konten blog yang baik. Kalau menurut para pakar disebut juga konten blog yang berkualitas. Kalau bisa satu konten untuk setiap kategori atau label blog yang ada, serta lakukan secara konsisten. Dengan mempublikasikan satu buah artikel setiap hari akan lebih baik dari pada posting artikel dengan jumlah banyak dalam satu hari tapi setelah itu tidak ada perubahan dalam satu bulan.
Mengenai konten blog kita bisa mengisinya dengan beberapa hal yang kita inginkan. Bisa saja berupa artikel, video, gambar, link download atau apa saja yang menurut kita layak untuk dipublikasikan, dan yang pasti sesuai dengan tema blog yang kita kelola, serta konten blog yang tidak melanggar TOS dari penyedia layanan.

Daftarkan blog ke mesin pencari
Untuk langkah awal daftarkan blog kita ke dua mesin pencari raksasa seperti google atau bing. Kita bisa saja melakkannya dengan cara menggunakan layanan submit otmatis. Tapi sebaiknya untuk mesin pencari yang besar seperti google dan bing, lakkanlah secara manual melaui layanan webmaster baik dari google maupun bing.

Melakkan verifikasi kepemilikan blog
Setelah blog kita daftarkan ke mesin pencari khusunya google dan bing, sebaiknya lakukan verifikasi kepemilikan blog yang kita daftarkan. Hal ini perlu kita lakukan agar mesin pencari segera melakukan perayapan pada blog kita. Mengenai metode verifikasi ada beberapa cara yang disediakan oleh penyedia layanan webmaster.

Buat konten blog kita cepat terindex
Agar konten blog kita cepat terindex oleh search engine maka kita harus memperkenalkan konten baru dari blog kita dengan cara melakukan ping terhadap mesin pencari. Kita bisa melakukan ping secara rutin sehari sekali atau ketika terjadi perubahan pada blog kita. Perubahan itu tidak hanya konten blog saja yang bertambah, tapi bisa saja ketika kita baru saja mengganti template blog kita.

Langkah optimasi blog
Langkah penting selanjutnya adalah langkah optimasi blog atau yang disebut juga teknik SEO. Hal ini perlu kita lakukan agar blog kita semakin bersahabat dengan mesin pencari, atau menurut istilah kerennya adalah seo friendly. Dalam melakukan teknik seo sebaiknya kita melakukan dengan wajar. Karena penerapan teknik seo yang berlebihan malah akan berakibat kurang baik bagi blog kita.

Ikuti perkembangan blog lain
Dengan mengikuti blog yang sudah mapan di dunia maya dengan cara follow Google + atau follow blog with friend connect, kita bisa tahu apa saja yang mereka lakukan untuk blognya. Tentu saja ini bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk mengelola blog pada langkah selanjutnya. Oleh karena itu ikutilah beberapa blog yang topiknya sesuai dengan topik blog yang kita miliki.

Submit artikel ke social bookmark
Untuk mempercepat proses pengindexan artikel baru kita ada baiknya kita mempublikasikan artikel blog kita di berbagai situs sosil bookmark. Hal ini dapat membantu proses terindexnya artikel yang ada di blog kita dan juga bisa memberikan backlink untuk kita.

Jalin silaturahmi
Lakukan blogwalking ke blog yang lain. Sebaiknya kita bog walking ke blog yang satu kategori dengan blog kita. Tapi dlam hal ini bukan berarti kita menutup diri untuk blog lain yang tidak sejenis.
Blogger yang rajin berkunjung ke blog yang lain akan cepat terkenal dan mendapat banyak pengetahuan.
Jangan pernah merasa malu untuk bertanya kepada orang lain dan jangan pula merasa minder dengan blog yang kita miliki. Jika kita memang seorang blogger pemula gak ada salahnya kalau kita mengakui hal itu.

Sobat netter… itlah beberapa hal yang semestinya kita pertimbangkan dan kita lakukan setelah blog selesai dibuat.
Hal ini jika diterapkan akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bog yang kita kelola. Tentu saja kita tidak ingin blog kita terkenal dan ramai pengunjung dan tidak hanya menjadi tempat penyimpana data online milik kita.

Oke sobat rupanya cukup sekian dulu postingan kali ini, semoga artikel mengenai langkah penting setelah blog dibuat ini dapat bermanfaat dan terima kasih.
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger