Home » » Dampak Positif Dan Negatif Ngeblog

Dampak Positif Dan Negatif Ngeblog

dampak positif dan negatif ngeblog
Segala sesuatu hasil karya manusia pasti ada dampak baik dan buruknya. Begitu juga dengan dunia blogging. Diakui atau tidak aktifitas ngeblog itu memiliki dampak positif yang tinggi, juga menimbulkan dampak negatif yang dalam.
Semua tergantung dari kita menyikapi dan menjalani dari aktifitas blogging itu sendiri. Kalau tujuan kita adalah untuk hal yang baik mungkin akan baik juga hasilnya, meskipun dampak yang ditimbulkan tidak selamanya baik.

Begitu pula sebaliknya kalau tujuan kita jelek tentunya akan berakibat jelek pula, meskipun ada dampak positif dari yang kita lakukan.
Bingung ya…?

Sobat netter kali ini saya akan memberikan pemaparan ringkas mengenai dampak positif dan negatif dari ngeblog. Tapi ini semua adalah versi saya sendiri, jika berbeda dengan versi agan-agan semua ya wajar lah, yang namanya manusia itu ada seribu orang, ya seribu keinginan, ada seribu otak, ya ada seribu pendapat.

Oke… berikut ini adalah dampak positif dari ngeblog :

Memiliki wawasan yang luas.
Dengan beraktifitas ngeblog tentunya dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Meskipun tidak semua jenis keilmuan harus kita pelajari, minimal pengetahuan yang bersangkutan dengan topik blog yang kita kelola. Untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan, otomatis kita akan selalu mencari tahu apa saja isu atau berita atau yang lainnya tentang hal tersebut. Gak mungkin kita akan mempublikasikan sebuah konten blog yang sama sekali kita belum pernah tahu. Yang pasti minimal kita pernah baca.

Melatih kreatifitas
Hal itu pasti kalau menurut pendapat saya. Orang yang gak kreatif mana mungkin mau ngeblog, kalaupun ada ya bisa kita lihat dari blog yang dia miliki. Jumlah konten blognya sejak awal sampai kini masih aja 3 biji padahal udah berumur lebih dari 2 tahun.
Itu salah satu contoh aja gan….
Tentu saja perumpamaan itu tidak berlaku bagi pengelola blog bisnis yang hanya menampilkan halaman statis dan paling hanya mengubah daftar harga saja.

Menjalin persahabatan
Dengan menjadi seorang blogger biasanya sering berkomunikasi dengan blogger yang lain, misalnya saja dalam rangka blogwalking. Meskipun persahabatan di dunia maya tentu saja banyak manfaatnya. Bisa saling tukar pendapat dan pengalaman, asal jangan tukar pasangan aja ya…

Melatih teknik menulis
Meskipun seseorang memiliki bakat untuk menulis, belum tentu dia mampu membuat sebuah tulisan yang menarik dan bisa dipahami oleh orang lain, kalau dia tidak pernah melatih bakatnya untuk menjadi seorang penulis.

Menghasilkan uang
Sudah bukan rahasia lagi kalau dengan aktifitas blogging bisa menghsailkan uang, baik secara langsung dari penjualan barang, penawaran jasa, ataupun dari biro periklanan yang bekerja sama dengan kita

Selain tiu aktifitas blogging juga menimbulkan dampak negatif yang cukup besar

Kurang bersosialisasi
Dengan beraktifitas blogging bisa saja kita duduk berlama-lama didepan komputer, untuk menulis artikel atau melakukan optimasi untuk blog kita. Jika hal itu terjadi dan tidak seimbang dengan aktifitas di alam nyata, maka dapat menimbulkan efek yang kurang baik. Jarang bergaul, kurang gerak, malas bekerja dan juga gak tahu informasi disekitar lingkungan kita.

Buang banyak biaya
Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, dengan aktifitas logging pasti kita mengeluarkan biaya. Baik itu untuk koneksi internet, pemakaian listrik yang lebih, dan juga makanan pendamping ketika melakukan aktifitas blogging

Kelelahan
Kadang seorang blogger bisa bertahan melek sampai pagi hanya ditemani dengan blognya. Otomatis kalau hal tersebut sering terjadi, maka kondisi tubuh kita akan semakin berkurang ketahanannya. Karena kapasitas manusia tidak dapat diukur dan diatur hanya dengan menjalani hobi.

Frustasi
Siapa bilang ngeblog gak bikin frustasi ? kalau sejak awal tujuan ngeblog adalah untuk profit motif, maka saya rasa akan menimbulkan kekecewaan besar dikemudian hari ketika dalam kenyataannya tidak sesuai dengan kenyataan.
Hal ini banyak terjadi dikalangan para blogger yang kecewa karena gak diterima sebagai publisher iklan google misalnya. Dan masih banyak lagi dampak positif dan negatif dari dunia blogging itu.

Jadi sebaiknya kita pandai-pandai mengatur waktu agar aktifitas kita di dunia nyata tidak terbengkalai hanya karena aktifitas blogging yang kita jalani.

Oke sobat…
Rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih
Share this article :

+ comments + 2 comments

March 6, 2015 at 8:38 AM

benar semuanya mbak. aku sekarang jadi telat untuk tidur, bangun kesiangan, frustasi karna GA gagal diterima, ngumpul sama kawan pun jadi kurang juga :(

March 6, 2015 at 9:45 AM

@sulis tiosebaiknya harus pintar membagi waktu mas, kalaupun kita melakkan aktifitas blogging dengan 1 jam perhari saja itu sudah cukup untuk sekedar publishing konten blog, optimasi secukupnya atau sekedar bertutur sapa dengan sahabat lewat blogwalking,
selebihnya lakukan aktifitas di dunia nyata.
blogging sampai larut malam juga biasa saya lakukan tapi itupun kalau suami lagi kerja lembur sekalian menemani hehehe

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger