Home » » Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

cara mengenali gejala kanker
Tidak ada penyakit yang datang tiba-tiba, semua pasti ada pertandanya yang diberikan oleh Tuhan sebagai pencipta segala yang ada di dunia ini.
Cuma kita sebagai manusia kadang tidak menyadari akan tanda-tanda tersebut. Dan bahkan tidak menghiraukannya meskipun sudah terasa berbagai keluhan, yang akhirnya keadaan dibiarkan berlanjut dan setelah parah baru menyadari akan hal itu.

Begitu pula dengan kehadiran kanker payudara tentu saja tidak langsung menggerogoti sel-sel payudara dengan hitungan waktu yang pendek. Sebelum sel-sel kanker itu menyebar dan menjadi besar pasti sebelumnya kecil dulu. Oleh karena itu kita harus mengetahui dan menyadari akan kehadiran kanker payudara sejak dini, sehingga kita bisa menentukan langkah selanjutnya.
Sebagai salah satu penyakit yang berbahaya di seluruh dunia, maka kehadiran kanker payudara harus bisa terdeteksi secara dini.

Bisa saja pada saat munculnya kanker belum bisa dilihat oleh mata dan juga dirasakan oleh tubuh. Tanda – tanda atau gejala baru akan muncul setelah kanker menyebar dan berkembang. Dan yang lebih membahayakan lagi, jika sudah parah kanker ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.
Oleh karena itu, penting untuk kaum wanita yang tentunya memiliki potensi lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan kaum pria mengenali sejak dini gejala dari kanker payudara tersebut.

1. Amati perubahan pada payudara
Pantaulah payudara anda secara berkala. Amati setiap perubahan yang terjadi apabila ada perubahan seperti adanya benjolan, perubahan warna kulit menjadi kemerahan atau adanya penebalan pada kulit sekitar payudara anda harus waspada jangan – jangan itu adalah salah satu gejala awal dari kanker payudara. Benjolan yang terjadi biasanya berisi cairan, yang dapat diatasi dengan melakukan penyedotan cairan tersebut.

2. Rasa nyeri yang sering terjadi pada payudara
Apabila anda sering merasa nyeri pada bagian payudara anda anda patut berwaspada. Walaupun rasa nyeri juga bukan merupakan indikasi khusus adanya kanker, tetapi tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi kepada dokter jika anda sering merasa nyeri terutama nyeri tersebut berlangsung lama.

3. Keluar cairan yang tidak biasa dari payudara
Sebagai satu-satunya jalan keluarnya cairan yang disebut ASI, tetapi cairan yang dimaksud sebagai gejala kanker payudara ini berbeda. Ada beberapa cairan yang dapat dijadikan indikator dari kanker payudara, yaitu cairan yang berwarna hijau, atau cairan yang tercampur darah adalah cairan yang dapat keluar dari payudara yang berasal dari tumor atau kanker.

4.Perbesaran pada kelenjar getah bening
Jika anda mengalami perbesaran atau pembengkakan pada kelenjar getah bening terutama dibagian ketiak, paha atau leher terlebih lagi jika benjolan tersebut terus membesar, anda patut waspada.

5.Terjadi eksema atau erosi pada puting susu
Eksema dapat terjadi karena puting susu tertarik ke dalam dan mengkerut kemudian berubah menjadi borok dan dapat membusuk sehingga merusak payudara.

Sobat netter….
Mungkin itu saja yang bisa saya persembahkan pada kesempatan ini, semoga artikel cara mendeteksi kanker secara dini dapat bermanfaat.
Terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger