Home » » Cara Menanamkan Kejujuran Sejak Dini

Cara Menanamkan Kejujuran Sejak Dini

menanamkan kejujuran sejak usia dini
Kejujuran merupakan sebuah modal hidup yang paling berharga. Karena dengan kejujuran kita akan senantiasa terhindar dari berbagai masalah. Meskipun terkadang sebuah kejujuran akan terasa menyakitkan, tapi kita harus yakin kalau sepahit apapun sebuah kejujuran akan lebih baik daripada semanis apapun sebuah kebohongan.

Banyak orang yang bilang kalo orang terlampau jujur maka akan cepet hancur….

Hal ini mungkin saja terjadi, tapi kehancuran yang macam apa ? kalaupun kita dihancurkan oleh dunia, tapi ingat ada kehidupan yang lebih kekal setelah hidup yang sekarang.
Di hari itulah kejujuran kita akan datang menolong agar kita bisa tinggal pada derajat yang lebih tinggi.

Bukanlah sebuah hal yang mustahil bila kejujuran ditanamkan sejak dini pada anak-anak kita, jika sejak kecil sang anak sudah terbiasa hidup jujur, maka kelak mereka dewasa tidak akan merasa asing lagi dengan kata jujur.
Sobat netter….
Untuk menerapkan kejujuran pada anak sejak usia dini diperlukan sebuah perjuangan yang lumayan melelahkan. Tapi kalau kita melihat manfaatnya kelak disaat mereka dewasa tentu hal itu tak akan terasa berat.

Kali ini saya membawakan beberapa tips agar bisa menanamkan kejujuran pada si kecil sejak usia dini :

1. Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penjelasan teori atau cerita mengenai kejujuran saja tidak cukup untuk menumbuhkan sikap kejujuran pada anak, hal ini perlu juga dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab anak-anak akan membutuhkan sesuatu yang nyata dalam pandangan mereka, sehingga teori mengenai kejujuran tidak akan lagi nampak abstrak untuk mereka. Untuk itu, mulailah menerapkan sikap dan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerapkannya dalam ucapan atau kalimat dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, apa yang diucapkan harus konsekuen dengan apa yang diperbuat. Sebab, kadang-kadang justru kalimat inilah yang sulit untuk dipegang. Nah, disinilah sebagai orangtua kita perlu belajar banyak dalam hal ini.

2. Berikan Pengetahuan dan Keyakinan Bahwa Tuhan Maha Melihat

Kenalkan anak pada keyakinan bahwa dimanapun mereka berada kapanpun mereka berbohong meski tanpa diketahui orang lain masih ada tuhan Yang Maha Melihat segalanya yang akan selalu mencatat setiap perilaku buruk yang mereka lakukan. Nah, lantas bagaimana orangtua bisa mengetahui anak-anaknya tetap berperilaku jujur atau tidak meski berada di luar rumah? Percayalah ibu, ketika kita menitipkan anak-anak kita pada sang Pemilik Hidup ketika anak-anak jauh dari jangkauan kita, maka apa yang dilakukannya diluar jangkauan prinsip kita pasti akan ditunjukannya pada kita. Misalkan ketika anak menyembunyikan sesuatu dalam tasnya, seolah secara tiba-tiba kita merasa ingin memeriksa tasnya dan menemukan apa yang mereka sembunyikan dari kita.

3. Berikan Pemahaman Bahwa 'Jujur Itu Nikmat'

Ada serangkaian kejujuran yang akan terasa nikmat namun kenikmatannya itu tidak dapat secara langsung kita nikmati. Hal ini penting sekali diajarkan kepada anak sejak dini. Ajarkan anak untuk selalu mendahulukan perilaku kejujuran sebab kejujuran akan mengantarkan mereka pada kehidupan yang tenang dan damai tanpa dihantui rasa bersalah.
Demikian beberapa tips mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Anak-anak yang dibekali dengan perilaku dan sikap yang jujur akan melahirkan generasi penerus bangsa yang senantiasa selalu membawa nilai-nilai kebaikan pada orang-orang sekitarnya.

4. Selalu beri pemahaman bahwa tidak jujur itu berbahaya

Dalam hal ini kita bisa memberikan beberapa contoh kejadian yang berakibat tidak baik karena sebuah kebohongan. Hal ini diharapkan mampu membuat otak si kecil selalu merasa segan untuk melakukan kebohongan.

Oke sobat…
Itulah beberapa tips untuk menanamkan kejujuran sejak dini kepada buah hati kita.
Rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
Terima kasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya.
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger