Home » » Tips Mengatasi Demam Anak

Tips Mengatasi Demam Anak

tips mengatasi demam anak
Bagi anda yang sudah mempunyai anak sudah brang tentu mengalami hal yang mengkhawatirkan yaitu ketika sikecil terkena demam tinggi. Berbagai cara dilakukan agar bisa mengatasi demam pada anak kita, dari mulai memberikan kompres atau dengan memberikan obat penurun panas.

Tidak kurang orang tua yang merasa panik ketika anaknya demam tinggi. Tapi sebaiknya anda tahu sebenarnya dengan kepanikan yang kita alami justru akan memperburuk keadaan.
Karena dengan perasaan yang panik sudah bisa ditentukan bahwa orang tua tidak akan bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi keluhan sang anak.

Sobat netter…..
Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips mengatasi demam anak.

1. Bersikaplah yang tenang
Dengan bersikap tenang tentu kita bisa berpikr jernih, dan bisa berupaya untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Lain halnya kalau kita merasa panik bisa saja apa yang kita perbuat malah memperburuk keadaan.

2. Kenali masalah
Perlu kita ketahui bahwa demam itu bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus.

3. Berikan penanganan awal
Memberikan pertolongan pertama sepertinya hanya itu yang kita bisa, karena kita jangan sampai mendiagnosa sendiri penyebab demamm anak, kecuali anda seorang tenaga medis. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan kompres dengan menggunakan air hangat.
Hindari memberikan kompres dengan air yang terlalu dingin seperti air es, karena saat tubuh sedang mengalami peningkatan suhu dan tiba-tiba terkena air yang sangat dingin yang spontan dikhawatirkan justru akan menambah parah demam sang anak.

4. Berikan anak ruang yang cukup dan istirahat
Jangan sampai pada saat kondisi demam tinggi, sang anak dikerumuni banyak orang, hal ini karena akan meningkatkan suhu ruangan menjadi lebih panas. Kalau kondisi anak sedang tertidur hindari untuk membangunkannya meskipun bertujuan untuk memberikan obat.

5. Jangan beri selimut tebal
Dengan memberikan selimut yang terlalu tebal justru anak akan merasa tidak nyaman, dan akhirnya menjadi rewel yang berkepanjangan.

6. Berilah banyak air minum
Kalau anak mau menerimanya berikanlah air putih yang banyak, tapi tidak semua anak mau diperlakukan seperti itu. Banyak anak yang menolak untuk minum air putih saat demam. Mungkin juga ada anak yang takut untuk minum obat sehingga akan beranggapan kalau yang diberikan oleh orang tuanya itu adalah obat.

7. Perhatikan siklus demam
Dengan memperhatikan siklus demam diharapkan kita bisa memprediksikan penyebab anak mengalami demam tinggi. Kita bisa memantaunya melalui thermometer.

8. Berikan obat penurun panas
Terkena serangan demam bisa dikatakan lumrah pada anak terutama balita. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu menyediakan obat penurun panas. Tapi kita harus sangat hati-hati dalam memberikan obat, agar penyakit bisa diatasi gunkanlah obat sesuai dosis anjuran. Jika Anda memberi obat penurun panas golongan acetaminophen ataupun ibuprofen, pastikan Anda tidak memberi obat batuk atau flu yang mengandung antipyretic. Pemberian dua jenis obat tersebut. secara bersamaan dapat menimbulkan overdosis.

9. Berikan kasih sayang
Berikan motifasi pada sang anak agar mereka merasa nyaman dan percaya diri. Katakanlah bahwa kita akan tetap menjaganya sampai kapanpun. Perlu diingat sentuhan kasih sayang orang tua terutama ibu adalah merupakan obat demam yang sangat mujarab untuk anak.

10. Beri tindakan lanjutan
Jika segala upaya yang kita lakukan tidak membuahkan hasil, maka kita harus segera membawanya ke dokter atau tempat pelayanan kesehatan yang lain.
Jangan memberikan obat yang tanpa resep dokter ( obat warung ) dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebat netter….. itulah beberapa tips mengatasi demam anak, sebaiknya kita memahami agar bisa memberikan solusi atau pertolongan pertama saat anak demam.

Oke sobat, rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger