Home » » Gejala Umum Demam Berdarah

Gejala Umum Demam Berdarah

gejala umum demam berdarah
Menghadapi musim hujan sebaiknya kita waspada terhadap serangan berbagai penyakit. Pada suasana alam yang lembab dan tanah yang becek biasanya bisa menimbulkan gangguan kesehatan dari mulali yang ringan sampai yang fatal. Terutama didaerah yang sering terkena serangan banjir gangguan kesehatan pada kulit sering terjadi.

Tapi yang sangat perlu diwaspadai adalah serangan nyamuk demam berdarah, yang merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap enteng.
Penyakit demam berdarah dikabarkan mulai menyerang Indonesia pada tahun 1969, namun sebelumnya pernah ada penyakit yang disebut penyakit Dengue, yang katanya merupakan cikal bakal dari Demam Berdarah Dengue, di kisaran tahun 1779.

Negara-negara yang angkatan pertama diserang oleh demam berdarah diantaranya Yunani, Amerika Serikat, Australia dan Jepang, yang terjadi pada sekitar tahun 1920. Di Indonesia sendiri, selain di Iran, Malaysia, Singapura dan Vietnam, penyakit dengue atau serangan oleh virus penyebab DBD untuk yang pertama kali, hanya bersifat endemik. Sampai sekarang DBD senantiasa hadir di Indonesia dari musim ke musim.
Virus dengue merupakan penyebab terjadinya penyakit demam berdarah dengue. Virus tersebut tidak dapat menular dengan sendirinya, melainkan membutuhkan bantuan nyamuk yang disebut Aedes aegypti. Nyamuk tersebut biasanya suka tinggal di ruangan rumah yang sejuk, lembab dan gelap.

Sobat netter berikut ini ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit demam berdarah

1. Demam yang mendadak tinggi sekitar 2 hingga 7 hari. Kadang demam yang dirasakan seperti pelana kuda. Panas akan turun di hari ke 3 atau ke 4 dan naik kembali dihari berikutnya.
2. Mulai muncul ruam pada kulit.
3. Nyeri yang dirasakan dibelakang mata.
4. Muntah darah
5. BAB darah

Sedangkan yang tampak oleh mata adalah terdapat Bintik merah kehitaman pada kulit yang bila direnggangkan warna akan tetap terlihat. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari penyakit ini.

Untuk dapat menghindarinya kita membiasakan diri dengan menerapkan pola hidup sehat.
Adapun tindakan khusus yang harus kita lakukan adalah.

1. Buka jendela dipagi hari agar sinar matahari bisa masuk kedalam rumah.
2. Hindari menggantungkan pakaian terlalu banyak karena akan menjadi tempat yang disukai oleh nyamuk demam berdarah
3. Biasakan membersihkan lingkungan rumah dari bahan-bahan yang dapat menampung air hujan.
4. Kuras bak penampungan air
5. Hindari gigitan nyamuk di saat jam beroperasinya nyamuk demam berdarah yang bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat anti nyamuk atau yang lainnya.
Mengenai waktu beroperasinya nyamuk demam berdarah yaitu dari mulai jam 06.00-09.00 pagi dan jam 03.00 – 05.00 sore hari.

Oke sobat rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan sampai jumpa pada informasi berikutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger