Home » » Tips Agar Anak Doyan Sayuran

Tips Agar Anak Doyan Sayuran

tips agar anak doyan sayuran
Sayuran merupakan makanan yang mengandung bayak manfaat bagi tubuh, terutama bagi anaka dalam masa partumbuhan. Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh baik anak-anak maupun orang dewasa.

Pada orang dewasa sayur sangat berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan juga bisa mencegah radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Mengkonsumsi sayuran sangat dianjurkan pada anak dalam usia pertumbuhan, karena sayuran dapat membuat perkembangan anak menjadi sangat baik.


Asupan gizi yangterdapat pada sayuran sangat menunjang dalam perkembangan fisik maupun kecerdasan anak.

Tapi yang sering dijumpai oleh kita sebagai orang tua, yang namanya anak-anak kebanyakan gak doyan sayur. Terkadang kita sebagai orang tua merasa putus asa ketika membujuk sang buah hati agar mau makan sayuran. Mungkin mereka tidak menyukai sayuran karena rasa, bentuk dan warna yang tidak menarik menurut pendapatnya.

Sebenarnya membuat anak menjadi suka sama sayuran itu tidak bisa langsung dilakukan dengan cara frontal, kita harus menggunakan beberapa trik agar anak terbiasa dengan sayuran. Membiasakan dan memperkenalkan sayuran sejak usia dini nantinya akan terbiasa sampai mereka menjadi tumbuh dewasa karena dengan mengkonsumsi sayuran terdapat kandungan zat-zat yang sangat baik dan juga dapat menurunkan resiko penyakit berat seperti jantung dan kanker

Sobat netter….
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai tips agar anak doyan sayuran, hal ini harus kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat anak terbiasa dengan sayuran dan menyukainya.

1. Buat semenarik mungkin
Anak-anak sangat menyukai hal yang unik menurut penilaiannya, untuk itu hindari menyajikan sayuran dalam bentuk yang lazim dikonsumsi oleh orang dewasa. Seberapa penting manfaat sayuran tidak akan dipedulikan oleh sang anak ketika kita menyajikan dengan asal-asalan. Semangkuk sayuran dalam bentuk yang biasa tidak akan menarik perhatan anak untuk mencicipinya. Lain halnya jika kita menhidangkan sayuran dalam bentuk yang menarik. Misalnya kita bentuk brokoli menjadi sebuah pohon yang rindang serta berilah sedikit ungkapan seperti dalam dongeng kalau dia adalah seorang raksasa yang mau makan pohon.

2. Berilah alat makan yang belum dia kenal.
Jika biasanya dia menggunakan sendok dan garpu ketika makan, berilah alat lain yang sedikit menantang seperti sumpit. Hal ini perlu dicoba karena biasanya anak-anak sangat menyukai hal baru dan juga menyukai tantangan.

3. Hindari masakan yang lembek
Kebanyakan anak jarang menyukai makanan yang lembek. Untuk itu hindari memasak yang terlalu lama, atau sajikan dalam bentuk yang lain seperti gorengan atau bakwan. Atau kita bisa menyajikannya dalam bentuk yang tidak berkuah.
Kita cukup merebus, mengukus atau memanaskannya dalam oven, bahkan bisa dicoba dalam bentuk sayuran mentah

4. Ajak anak membuat menu makanan
Berilah dia tugas untuk menyusun daftar menu yang ingin dia santap pada saat makan. Kalaupun dia tidak mau menyebutkan sayuran dalam menunya, bilang kalau tidak ada sayuran dalam hidangan nanti maka menu yang dia buat kurang baik.

5. Ajak berbelanja
Biarkan anak mengetahui seberapa banyak sayuran yang dijual dipasar, serta berapa banyak orang yang membelinya untuk dimasak dan akhirnya dimakan. Biasanya anak akan merasa tertantang kalau dia melihat orang lain melakukan sesuatu, maka dia juga ingin melakukannya.
Beri kesempatan untuk memilih sayuran yang dia anggap menarik untuk dimakan, biasanya anak akan memilih sesuatu hal yang baru dia kenal.
Bilang kepadanya kalau orang-orang yang membeli sayur itu adalah orang-orang yang sehat dan kuat.

6. Berilah contoh yang baik
Kalau dalam piring kita tidak berisi sayuran, jangan harap anak mau makan sayuran. Riset menunjukkan, bahwa jumlah makanan yang ada di piring anak sebenarnya langsung berhubungan dengan jumlah yang ada di piring ibu.

7. Trik bercocok tanam
Bagi anda yang memiliki pekarangan yang cukup, gunakan trik bercocok tanam dan biarkan dia sendiri yang menanam sayuran tersebut. Kalaupun kita tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam, toh kita bisa menanamnya dalam pot atau polybag.
Ajak anak untuk selalu memelihara tanamannya agar cepat besar dan bisa dimasak. Biasanya anak akan sangat menyukai sesuatu hal yang menurutnya itu adalah kasil karyanya sendiri.

8. Ajaklah anak untuk memasak
Agar mereka mau menyantap sayuran libatkan mereka ketika dalam proses pembuatan. Bikin suasana seolah-olah dia yang memasak sayuran tersebut sehingga akan memacu anak untuk memakan sayuran yang telah dia masak sendiri

Sobat netter…
Kalau kita pnitar menyiasatinya maka lambat laun anak akan suka dengan sayuran. Kalaupun mereka tidak dapat menyukainya secara spontan, maka janganlah melakukan paksaan karena hanya akan menimbulkan efek yang tidak baik. Semakin kita memaksa untuk memakan sayuran, maka akan semakin sulit bagi anak untuk menyukai sayuran.

Oke sobat, rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya.
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger