Home » » Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid

cara mengatasi nyeri haid
Selamat jumpa lagi sobat netter… setelah lama tidak melakukan aktifitas blogging ternyata menimbulkan rasa kangen yang lumayan tinggi hehehe…
Pada saat ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi nyeri haid, atau disebut juga rasa sakit ada saat dating bulan.
Sudah menjadi kodrat seorang wanita yaitu terjadinya menstruasi setiap bulannya.

Masalah haid dari setiap wanita di dunia tidak sama, tapi pada prinsipnya dibagi 2 yaitu
- Wanita dengan siklus menstruasi yang teratur
- Wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur

Bagi sebagian wanita mungkin pernah mengalami rasa sakit ketika sedang mengalami menstruasi. Hal ini bisa saja terjadi secara normal atau mungkin saja terjadi karena ada gangguan pada salah satu atau beberapa organ bagian dalam

Untuk dapat mengatasi masalah nyeri haid dapat dilakkan dengan beberapa cara seperti dibawah ini :

1. Mengkonsumsi makanan yang menandung zat besi
Saat menstruasi, wanita lebih sering terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal inilah yang sering membuat kita lemas, pandangan kabur, bahkan pingsan. Karena itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

2. Kurangi makanan yang terlalu banyak garam
Garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, sehingga tubuh makin terasa 'bengkak' jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan rasa sakit yang bukan lumayan. Ini terjadi karena pada saat haid hormon dalam tubuh akan bereaksi dan menuntut tubuh untuk mengikat cairan lebih banyak dari saat biasanya.
Fenomena ini terjadi karena pada saat haid atau menstruasi tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan, dan untuk mengatasi hal itu sebagai reaksi alami dari hormon dalam tubuh adalah berusaha untuk mengikat cairan agar tubuh tidak sampai kehabisan cairan.

3. Banyak mengkonsumsi air
Jika kita tidak suka minum air putih dalam jumlah banyak, maka makanlah sesuatu yang banyak mengandung air seperti sayur bening atau sup. Jika asupan air memadai untuk tubuh, maka tubuh tidak akan bekerja secara maksimal untuk mengikat banyak cairan, jika hal ini terjadi yang tentunya dapat mengakibatkan rasa nyeri saat haid.

4. Tidur yang cukup
Pada saat haid tubuh akan terasa lebih lemah, hal ini dapat dirasakan ketika kita melakukan aktifitas sebentar saja akan cepat lelah. Jangan paksakan tubuh untuk bekerja seperti biasanya. Jika kita meiliki kebiasaan begadang maka hindarilah karena akan memperburuk keadaan dan hanya mengakibatkan bertambahnya rasa sakit saat haid.

5. Obat pengurang rasa sakit
Jika rasa sakit saat haid tidak dapat di tolerir lagi, maka bukan tindakan yang keliru jika kita mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi rasa sakit. Hal ini tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi kita sebagai wanita yang sedang mengalami haid. Jangan sampai kita mengkonsumsi obat yang salah, karena hanya akan memperburuk keadaan.

6. Periksa kepada ahlinya
Jika kita merasa ada hal yang tidak wajar pada rasa sakit yang kita alami, maka segeralah berkonsultasi dengan ahli kesehatan baik bidan atau dokter. Hal ini agar kita bisa segera mendeteksi secara dini apabila ada gangguan lain yang berbahaya.

Sobat netter…
Bagi sebagian wanita tidak memperdulikan rasa sakit yang dialami saat haid, tapi kalau kita tidak ingin berlarut-larut dalam masalah ini segeralah ambil solusi yang terbaik. Karena walaupun kita tahan seperti apa rasa sakit tetap saja sakit dan sudah pasti dapat mengganggu aktifitas dan rutinitas kita sebagai ibu rumah tangga.

Oke sobat rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba
Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger