Home » » Cara KB Sistem Kalender

Cara KB Sistem Kalender

cara KB sistem kalender
Untuk menjalankan program KB tidak harus selalu menggunakan system KB hormonal, atau dengan cara memasukkan obat atau zat yangbisa menghambat reproduksi. Salah satu cara mencegah kehamilan dengan system non hormonal adalah dengan menjalankan KB dengan system kalender.

Mengenai cara KB system kalender bukan berarti kalau sedang memiliki hasrat berhubungan badan harus mengeloni kalender, tapi harus melihat dulu apakan kondisi istri sedang pada masa subur atau tidak.
Untuk dapat melihat masa subur sang istri data dilihat dari kalender siklus menstruasi. Nah untuk itu KB dengan system kalender sangat tidak dianjurkan untuk wanita dengan siklus menstruasi atau haid yang tidak teratur, karena akan sulit untuk menebak masa subur atau tidaknya.

Untuk dapat mengetahui kapan masa subur pada wanita dapat dihitung dngan melihat siklus haid. Para ahli menyipulkan kalau siklus haid adalah 28 hari. Maksudnya untuk wanita dengan siklus yang normal dan teratur akan embali mengalami menstruasi atau haid setelah 28 hari.

Nah untuk mengetahui masa subur dari siklus menstruasi adalah masa siklus dibagi 2 Yaitu :
28 : 2 = 14
Berarti masa subur wanita itu adalah pada hari ke 14 dari siklus haid, dan tenggang waktunya adalah 3 sebelum hari ke 14 dan 3 sesudah hari ke 14.
Kalau kita menghitung dari rumus tersebut berarti
14 – 3 = 11
14 + 3 = 17

Nah untuk dapat mnjalankan KB dengan system kalender adalah tidak melakukan hubungan suami istri pada masa subur yaitu kisaran tanggal ( hari ) ke-11 sampai dengan tanggal ( hari ) ke-17 karena pada saat itu sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi.
Untuk dapat memudahkan menentukan tanggal atau hari dari siklus menstruasi adalah dengan diawali dai hari pertama menstruasi.
Berarti jika kita menstruasi pertama pada tanggal 10 pada bulan tersebut, berarti hari ke-1 dari siklus haid adalah tanggal 10.
Untuk dapat sukses menjalankan KB dengan system kalender, setidaknya kita harus mengamati siklus haid dari sang istri minimal 6 bulan, agar dapat diketahui dengan pasti mulai tanggal berapa hari pertama haid setiap bulannya.

Untuk tingkat keberhasilannya meurut pemaparan dari para ahli reproduksi dan penyuluh KB adalah sekitar 80%.
Atau dengan pandangan luasnya 2 dari 10 wanita gagal menjalankan KB dengan system kalender.
Nah untuk lebih jelasnya sebaiknya kita konsultasikan dulu dengan para ahli disekitar anda.

Oke sobat rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger