Home » » Penyebab Dan Gejala Perut Kembung

Penyebab Dan Gejala Perut Kembung

penyebab dan gejala perut kembung
Mengalami masalah perut kembung tentu saja sangat menggangu. Perut kembung merupakan gangguan pencernaan yang sering dialami oleh setiap orang.
Biasanya disertai rasa mual yang membuat kita ingin muntah akan tetapi tidak bisa dimuntahkan , nafsu makan kita menjadi hilang dan sering bersendawa.

Meskipun terasa cukup mengganggu, tidak sedikit diantara kita yang tidak memperdulikan masalah perut kembung. Terkadang kita menganggap itu adalah gangguan ringan yang tidak berbahaya. Maka dengan asumsi seperti ini kita tidak akan mengambil langkah pengobatan. Jika kita beranggapan demikian sebenarnya kita telah membahayakan diri sendiri, karena perut kembung yang dibiarkan dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kita terkena penyakit maag, tipes, liver, empedu, atau pankreas.

Masalah perut kembung adalah diakibatkan meningkatnya jumlah gas dalam saluran pencernaan. Secara alamiahnya udara masuk ketubuh kita saat bernafas dan menuju ke paru-paru, yang tentu saja proses itu dibutuhkan oleh tubuh. Tapi yang jadi masalah adalah ketika udara masuk ke saluran pencernaan.

Mengapa bisa terjadi seperti ini ?

Udara bisa tertelan dan masuk kesaluran pencernaan bersama makanan. Jika kita menelan udara atau gas dalam jumlah yang kecil, hal itu merupakan kewajaran, tapi bila jumlah udara yang tertelan dalam jumlah banyak maka akan mengakibatkan gangguan pada lambung.

Banyak hal yang mengakibatkan tertelannya udara dalam jumlah banyak, diantaranya adalah kebiasaan makan dengan terlalu cepat, dan juga karena mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur-unsur tertentu, sehingga ketika diolah dalam lambung akan menimbulkan gas. Selain itu jika kita berkendara dalam keadaaan terbuka tanpa menggunakan pelindung seperti jaket dan perlengkaan yang lain. Hal ini biasanya dialami oleh para pengendara sepeda motor.

Tubuh kita sudah dirancang sedemikian rupa untuk mengatasi hal tersebut. Bila ada udara yang masuk dalam jumlah besar kedalam saluran pencernaan maka akan dikeluarkan melalui sendawa atau jika telah melewati proses pencernaan selanjutnya akan dikeluarkan melalui kentut.

Yang mengakibatkan perut kembung adalah ketika kadar udara dalam lambung, atau alat pencernaan yang lain sudah melewati batas kewajaran, sehingga tidak dapat dikeluarkan oleh proses yang alami oleh tubuh kita.

Sobat netter…
Berikut ini ada beberapa gejala yang ditimbulkan akibat perut kembung

• Perut terasa membesar tapi bukan karena kebanyakan makan, atau karena timbunan lemak yang mengakibatkan perut buncit. Hal ini akan sangat terasa ketika kita jongkok. Hal ini biasanya disertai rasa mual dan terasa pening dikepala

• Gejala Perut kembung biasanya menyebabkan nyeri perut, kembung, sendawa dan banyak mengeluarkan angin (kentut).

• Perut kembung bisa menyebabkan sendawa yang berulang-ulang. Bila dalam keadaan normal, pengeluaran gas melalui anus terjadi lebih dari 10 kali dalam sehari, pada perut kembung pengeluaran gas lebih sering terjadi.

• Nafsu makan menurun dan badan terasa lemas

• Terasa pegal pada daeran pinggang, serta pergerakan sendi-sendi tubuh terasa kaku

Jika kita merasakan hal-hal seperti diatas, besar kemungkinan kita sedang mengalami masalah perut kembung. Sebaiknya kita segera mengambil langkah penyembuhan agar gangguan tersebut tidak berlangsung lama dan mengganggu aktifitas kita, yang lebih dikhawatirkan lagi kalau kita membiarkan perut kembung dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang lebih serius.

Oke sobat, rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahkan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada info-info berikutnya.
Share this article :

+ comments + 2 comments

March 6, 2015 at 9:48 PM

kalo saya lagi perut kembung, saya biasa mengatasiya dengan ramuan tradisional buatan keluarga

March 7, 2015 at 9:33 AM

@Roli Supiawanmemang betul mas.. sebaiknya hindari metode kerokan untuk mengurangi perut kembung atau masuk angin

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger