Home » » Membuat Seblak Ceker Pedas Spesial

Membuat Seblak Ceker Pedas Spesial

cara membuat seblak ceker pedas
Memasuki bulan ramadhan biasanya kita menyiapakan beberapa menu sajian yang cukup lengkap dan menarik.
Untuk kali ini saya akan membahas mengenai makanan yang sangat menarik untuk disajikan sebagai makanan tmabahan, dan bias untuk suasana santai selepas sholat tarawih.

Seblak adalah masakan khas dari Bandung, Jawa Barat yang terbuat dari kerupuk yang direbus, dan diberi bumbu Seperti Bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa.

Secara garis besar seblak terdiri dari 2 jenis yaitu Seblak Kering dan Seblak Basah. Bedanya kalau seblak kering kerupuknya digoreng, kalau seblak basah kerupuknya direbus.

Sobat netter...
kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat seblak basah dengan rasa yang mantap, pedas dan gurih.

Alat yang harus dipersiapkan untuk membuat seblak ceker pedas spesial

Bahan:
• 200 gram campuran kerupuk ikan/udang, lebih menarik jika warna-warni
• 20 buah ceker ayam, buang kulit dan kuku
• 500 ml air untuk merebus ceker hingga lunak, tambahkan jika air habis dan ceker belum empuk
• 1 batang daun bawang, rajang halus
• Bakso atau sosis goreng

Bumbu dihaluskan:
• 8 buah cabe rawit, bisa dirubah sesuai selera pedas Anda.
• 5 siung bawang putih
• 5 siung bawang merah
• 2 ruas jari kencur
• 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Pelengkap
• 1/2 sendok makan garam
• 3 sendok makan saus tomat
• 1 sendok makan kecap manis

Untuk memulai masak seblak ceker pedas special adalah sebagai berikut :

1. Rebus ceker ayam sampai lunak dan sisihkan air sisa rebusan untuk kaldu
2. Rebus kerupuk sampai setengah matang dan tiriskan
3. Iris tebal bakso atau sosis dan goreng sampai setengah matang
4. Haluskan bumbu dan tumis hingga harum dan matang
5. Masukkan ceker dan tambahkan air kaldu masak sampai mendidih tapi jangan sampai kering airnya.
6. Masukkan kerupuk rebus, bakso atau sosis goreng dan bumbu pelengkap dan bahan yang lainnya
7. Aduk sampai merata dan matang
8. Sajikan dengan hiasan irisan cabe merah

Oke sobat… itulah cara membuat seblak ceker pedas special yang cukup mudah dan sederhana. Untuk menambah kreasi bias ditambahkan beberapa jenis bahan lain seperti toge, tahu, mie dan yang lainnya.

Saya yakin anda lebih pandai dalam berkreasi.
Rupanya cukup sekian dulu yang bias saya persembahhkan dalam kesempatan kali ini, semoga bias bermanfaat dan selamat mencoba.
Terima kasih atas kedatangannya dan sampai jumpa pada resep-resep berikutnya.
Share this article :

+ comments + 8 comments

June 28, 2015 at 1:10 AM

Di tempat saya banyak sekali gerobak yang menjual seblak. Tapi saya masih penasaran sama rasa dari makanan ini, soalnya belum pernah beli

July 9, 2015 at 10:49 AM

Nice info mba..:) di follow ya

July 14, 2015 at 10:38 AM

bagian paling mengerikan dari ayam bagi saya adalah ceker dan kepala...meski dua anak saya suka banget sama ceker n istri saya suka banget ma kepala. Kalo sudah spt itu saya ogah makan bareng sampe mereka berhenti menggoda saya. Salam!

August 5, 2015 at 8:36 AM

Enak sekali seblak saya pertama kali icip icip waktu di Bandung, tetapi kalau seblak ceker sepertinya saya belum berani makan :)

August 11, 2015 at 6:54 AM

@Achmad Fazri wah pokoknya bikin gerah mas, dan bikin greget di lidah hehehe..

August 11, 2015 at 6:57 AM

@fandy o'conner oke ditunggu aja ya..
maaf baru balas komentar karena terlalu sibuk di dunia nyata

August 11, 2015 at 7:00 AM

@Heru Notodirjo kalau buatan sendiri kan bisa diganti dengan yang lain mas, pake ati misalnya atau yang lainnya

August 11, 2015 at 7:02 AM

@Ani Nur emang gak berani kenapa mbak ?
takut nyakar ya hehehe....

Post a Comment

Komentar anda adalah motifasi saya
Mohon kerja samanya untuk tidak pasang link aktif pada komentar

 
Copyright © 2014. SEKILAS INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger